JAKARTA (14 Desember 2011)

Published Desember 27, 2011 by linaracemath

Mengamati Kota JAKARTA Dari Ketinggian MONAS

 

  • INFO  MONAS :

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 Waktu Indonesia Barat. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

  • Teropong Unik

 

Gambar  1 :  Melihat panorama Jakartadengan Teropong            Gambar 2 : Pelataran Puncak

Saya sebut saja teropong unik karena hanya dengan membayar Rp.2000,00 saja kita bisa menggunakan teropong tersebut dari Pelataran setinggi 115 meter pengunjung dapat menikmati panorama pemandangan seluruh penjuru kota Jakarta. Misalnya melihat Masjid Istiqlal, bangunan – bangunan pencakar langit. Bila kondisi cuaca cerah tanpa asap kabut, di arah ke selatan terlihat dari kejauhan Gunung Salak di wilayah kabupaten Bogor, Jawa Barat, arah utara membentang laut lepas dengan pulau-pulau kecil.

Ehm,,tidak perlu bingung akan bagaimana caranya kita bisa menuju tempat teropong tersebut. Sebuah elevator (lift) pada pintu sisi selatan akan membawa setiap pengunjung menuju pelataran puncak berukuran 11 x 11 meter di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Lift ini berkapasitas 10 s/d 11 orang sekali angkut. Pelataran puncak ini dapat menampung sekitar 50 orang. Pada sekeliling badan elevator terdapat tangga darurat yang terbuat dari besi.

Penempatan teropong ini pasti dipikirkan secara matang dengan menerapkan ilmu matematika serta ilmu fisika,,,karena ini menyangkut ketepatan penempatan titik focus teropong dengan memperhatikan ketinggian dari atas tanah hingga tepat sasaran dari ketinggian kurang lebih 115 meter tersebut dapat dipastikan pengunjung dapat menyaksikan Pemandangan yang jauh, dari ketinggian Tugu Monas yang sangat fantastik.

Beberapa Pemandangan yang dapat kita lihat saat menggunakan teropong :

  1. Masjid Istiqlal                                           2. Bangunan – bangunan pencakar langit

Contoh :

Skala= Jarak pada peta / jarak sebenarnya.

Misalkan dalam hal ini dapat digunakan tinggi tugu monas pada gambar dan tinggi tugu monas sebenarnya. Diketahui tinggi tugu monas pada gambar adalah 8 cm,dan tinggi tugu monas sebenarnya 132m. Dengan demikian maka skala gambar tersebut adalah:

Skala = tinggi pada gambar/ tinggi sebenarnya

= 8cm / 132 m

= 8 cm / 13200 cm = 1/2200

Jadi skala gambar tersebut adalah 1 : 1650

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: